Madrasah Diniah

Madrasah Diniah

Program-program Madrasah Diniah

Program diniah, yaitu program pendidikan yang diperuntukan bagi para siswa-siswa yang juga aktif belajar pendidikan umum. Disamping pelajaran-pelajaran umum, para siswa-siswi SMP dan SMA Al-Maha’dul Islami juga diberikan bekal materi-materi agama. Program ini terdiri dari tiga tingkatan, yaitu tingkat Mutawasit, tingkat Tsanawi, dan Tamhidi yang masing-masing ditempuh selama enam semester atau tiga tahun pelajaran.

1. Mutawasit

Tingkat Mutawasit diperuntukan bagi siswa yang baru lulus dari SD dan belum memiliki dasar-dasar keagamaan dan bahasa Arab. Dalam kurikulum keagamaan dan bahasa Arab, tingkat Mutawasit al-Ma’hadul al-islami jelas lebih tinggi dari tingkat Tsanawiyah, bahkan setara dengan Aliyah di sekolah-sekolah lain. Di tingkat ini, para siswa diberikan materi bahasa arab dasar dari semester pertama sampai semester akhir (semester enam). Para siswa diajarkan sedemikian rupa agar mampu menguasai bahasa, baik secara pasif maupun aktif.

2. Tsanawi

Setelah lulus dari Mutawasit, siswa dapat mengikuti pelajaran di tingkat Tsanawi secara lebih mendalam lagi sebagai kelanjutan dari materi agama yang sudah diperoleh di tingkat sebelumnya. Di tingkat Tsanawi, materi bahasa arab dan keagamaan semakin diperdalam lagi.  Bagi alumnus Tsanawi yang ingin melanjutkan pendidikan di sekolah tinggi, ilmu agama yang sudah didapatkan juga sangat bermanfaat sebagai dasar pembentukan kepribadian yang religius sekaligus mengerti bidang keilmuan lain.

3. Tamhidi

Untuk siswa baru yang masuk sekolah SMA Al-Ma’hadul Islami yang tidak pernah mengikuti pendidikan Mutawasit Al-Ma’hadul Islami, Madrasah Diniah menyiapkan program pendidikan yang lebih padat, yang disebut dengan kelas Tamhidi. Kelas Tamhidi dikhususkan bagi lulusan SMP luar yang belum memiliki atau minim pengatehuan keagamaannya. Dengan program Tamhidi ini, mereka diusahakan dapat menguasai bahasa Arab dan materi-materi agama semaksimal mungkin agar setelah lulus memiliki wawasan keagamaan, penguasaan bahasa Arab sebagai alat untuk mendalami agama lebih lanjut.

Pin It on Pinterest

Share This

Share this post with your friends!